Thursday, December 26, 2013

Daftar Stadion Megah Namun Terbengkalai

Daftar Stadion Megah Namun Terbengkalai - Olahraga Sepakbola merupakan cabang olahraga yang paling mendapat perhatian dari para masyarakat di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan Stadion Gelora Bung Karno yang masuk dalam 10 besar Stadion Sepakbola termegah di Planet Bumi. Namun apa yang akan saya sampaikan kali ini bukanlah tentang kemegahan stadion yang dibangun oleh Bapak Ir. Soekarno tresebut, yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini adalah daftar stadion megah namun terbengkalai, langsung saja berikut ini :

1. Stadion Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur

Stadion Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur
Awalnya, pembangunan stadion ini adalah untuk menyelenggarakan PON 2008. Stadion ini sangat megah gan, bahkan lebih modern stadion ini dibandingkan dengan SUGBK. Persisam juga tidak menggunakan stadion ini sebagai home-base mereka dalam ISL. Saat ini, kondisi stadion ini memprihatinkan. Cat di dinding mengelupas, dinding tembok yang retak serta pavingblok yang terangkat, menjadi nasib stadion yang dibangun dengan anggaran sebesar 800 miliar rupiah tersebut. Kebanggan yang tersisa terhadap stadion berkapasitas 50 ribu penonton ini hanyalah pernah diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Mungkin jarak kota ke stadion yang jauh menjadi faktor mengapa stadion ini kurang diminati.

2. Stadion Utama Riau

Stadion Utama Riau
Selesai pembangunannya pada 2012 lalu, stadion utama Riau langsung dipakai untuk perhelatan PON 2012. Pembangunan stadion yang masuk kandidat 'stadion terbaik yang baru dibangun di dunia' ini menghabiskan uang rakyat kurang lebih 900M! Setelah dipakai untuk PON, stadion ini kembali menganggur karena PSPS Pekanbaru, klub setempat justru tidak berhome base disana. Mereka memilih bertanding dikandang lama mereka Stadion Kaharudin Nasution di Rumbai.

3. Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur
Meskipun tidak mubazir namun kurang maksimal pemakaiannya karena letaknya dipinggiran dan akses jalan serta transportasi yang masih sulit. Persebaya Surabaya hanya sesekali memakainya dan lebih sering bermain di kandang lama di Tambak Sari. Pemprov Jawa Timur sebetulnya sempat mengajukan GBT menjadi venue andalan ketika mencalonkan Surabaya sebagai tuan rumah Asian Games 2019 namun gagal karena kalah dengan kota Hanoi, Vietnam. Gelora Bung Tomo (GBT) yang berada di daerah Benowo ini, mulai mengalami kerusakan di beberapa bagian, terutama di bagian pintu masuk. Padahal venue pertandingan sepakbola profesional ini baru sekitar setahun difungsikan. Mulai tribun timur, selatan hingga utara sudah mengalami kerusakan di bagian engsel pintu. Terdapat juga bagian beton yang mulai retak. “Memang seperti itu kondisinya, Mas. Hampir semua pintu masuk kondisinya sama, yakni kerusakan di bagian engsel,” keluh wakil ketua panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persebaya, Samsudin Warnangan.

Semoga saja dengan adanya postingan daftar stadion terbengkalai ini dapat dilihat oleh mereka yang berkewajiban atas pemeliharahan stadion diatas agar tak terkesam hanya menghambur - hamburkan uang rakyat saja. Mungkin sekian dulu dari saya, jika ada yang ingin memberikan tanggapan silahkan berkomentar saja.
 
Copyright © . SEKILAT INFO - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger