Saturday, February 23, 2013

CERPEN = ANDAI KESUSAHAN INI BERAKHIR - Jilid 2



2. KEBIASAAN YANG BAIK DAN BURUK

Hari berganti malam, Romi berangkat ke Mesjid untuk melaksanakan Shalat Maghrib. Setelah Shalat maghrib Romi bersama teman se kampung nya mempunyai jadwal Ngaji Al-Qur’an di Mesjid deket rumah nya. Setelah pulang ngaji romi pulang ke rumah, lalu mempersiapkan buku buat besok untuk ke Sekolah. Setelah beres lalu dia tidur dan beristirahat.

Pagi pun tiba, romi setiap hari selalu bangun jam 05.30 atau 06.00, setelah bangun dia langsung shalat shubuh. Hehehe, Shalat shubuh atau DHuha neyh??? Setelah beres shalat dia langsung sarapan dan mulai berangkat ke sekolah. Walaupun ROmi agak pendiam, tapi dalam hal mata pelajaran sekolah dia selalu mengikuti dan menyelesaikan tugas. Romi termasuk siswa yang mendapat ranking 10 besar di kelasnya. Kadang mendapatkan rangking 6 kadang 8 kadang 9.

Setiap guru menilai Romi siswa yang lumayan cerdas dan baik. Setiap kali Romi mendapat nilai yang kurang dalam mata pelajaran tertentu, Guru selalu menanyakan kenapa Romi bisa turun dalam nilai ulangan. 

Ketika jam istirahat, sekitar Pukul 09.30 ada seorang perempuan sedang menangis di bangku kelas nya. Teman-teman pun pada menanyakan siapa yang nangis, ternyata ada seorang murid baru di kelas yang tiba-tiba menangis. Romi tidak mengerti kenapa teman sekelasnya itu menangis. Perempuan itu bernama Puspa. Puspa adalah murid baru di sekolah, dia anak yang pintar dan selalu mendapat ranking ke 4 di kelas. Puspa akhir-akhir ini sering melamun, menyendiri di bangku belakang. Teman puspa Fatimah menanyakan kepadanya masalah apa yang menjadikannya bersedih dan menangis. Akan tetapi Puspa tidak memberitahukannya karena mungkin masalah nya sangat pribadi.


  • Fatimah : Puspa…ada apa? Kenapa menangis? Ada masalah apa?
  • Puspa    : hiks..hiks..ga ada masalah apa-apa ko fat.
  • Fatimah  : emh..yaudah, kl ada apa-apa bilang aja. Mudah-mudahan fat bisa bantu.
  • Puspa    : iya, makasih ya fat…


Lambat laun, Puspa dan Fatimah menjadi teman akrab di kelas. Ketika waktu istirahat pun mereka selalu berdua ke kantin sekolah, pulang sekolah juga mereka selalu kerja kelompok apabila ada tugas dari guru. Puspa sekarang agak jauh lebih ceria di banding sebelumnya yang sering murung dan menangis di kelas. Mungkin karena dorongan dan dukungan dari Fatimah, Puspa agak ceria.

Tidak terasa bulan berganti, ketika itu sekolah libur selama 2 (dua) minggu. Dan semua murid pada liburan dan ada sebagian yang mudik ke kampung halamannya. Puspa sebenanrnya adalah orang Karawang,  yang biasanya Mudik ke kampung halamannya ketika libur sekolah tiba. Tapi entah kenapa Puspa tidak kemana-mana, dia masih ada di RUmah Bibinya karena tinggal di rumah Bibinya untuk sekolah di Kota Purwakarta.

Ketika liburan sekolah, Romi bingung tidak akan liburan dan main kemana-mana. Dia lalu inisiatif untuk mengikuti kegiatan Belajar bersama di Madrasah yang berada di alun-alun Purwakarta. Lumayan walaupun hanya 2 (dua) minggu tapi bisa menambah ilmu dan yang lebih penting berkenalan dengan teman-teman baru terutama perempuan beda sekolah.

Setelah kegiatan belajar berlangsung, Romi kaget bisa bertemu dengan Puspa di Madrasah itu bersama Fatimah. 


  • Romi : Fatimah..Puspa…ko kalian ada di sini? Tidak pada mudik??
  • Fatimah         : engga Rom, kebetulan pengen ikut juga kegiatan belajar disini.
  • Puspa : iyah, lumayan untuk menambah wawasan.
  • Romi : emh, begitu..bagus atuh. 
  • Fatimah         : Rom..tar pulang nya ada waktu ga?? Aku mau ngobrol berdua, penting.
  • Romi : hah..?? ngobrol penting?? Ada apa gak biasa-biasanya. Hehehe..
  • Fatimah         : iyah, Cuma bentar ko…
  • Romi : iyah,boleh ko. Yaudah aku mau masuk kelas dulu yah.. udah mulai tuh.
  • Fatimah         : iyah…ayo.
Setelah mereka mengikuti kegitan belajar di kelas, Romi menunggu Fatimah di deket taman. Fatimah lalu menemui Romi dan berbincang.


  • Romi : emang ada apa Fat?? Sepertinya serius.
  • Fatimah         : iyah Rom, ada hal yang mesti aku omongin sama kamu. Ini tentang Puspa.
  • Romi : hah?? Puspa?? Emang ada apa dengan Puspa?
  • Fatimah      : Rom, kamu tahu ga kenapa waktu di kelas Puspa sering menangis? Sering murung?
  • Romi : emang kenapa gitu fat??
  • Fatimah       : Puspa itu sedih dan nangis karena kamu Rom, dia sedih karena kamu udah punya pacar. Kamu masih kan sama Yani??
  • Romi : hah??? Aku ga ngerti Fat. Aku emang masih hubungan sama Yani. Terus apa hubungannya Puspa nangis gara-gara aku??
  • Fatimah        : sebenarnya fat ga mau ngomong masalah ini sama kamu, karena Puspa ga mau kamu tau akan perasaan dia. Tapi fat kasian sama Puspa, dia selalu nangis kalau di rumah ngobrolin kamu. Dia tuh sayang sama kamu, Rom!! Dia sedih karena kamu punya kekasih.
  • Romi : hahaha…ah, becanda kali. Masa Puspa suka sama aku?? Ga percaya…
  • Fatimah       : ih, beneran..!!! kenapa dia ga bilang karena dia malu akan perasaan nya. Apalagi kamu masih hubungan sama Yani anak SMP 1 Purwakarta. Jadi dia sekarang lagi bimbang, bingung mesti gimana. Dia baru pertama kali suka sama cowok, ampe dia ga mudik juga karena ingin terus bareng sama kamu Rom…!!!
  • Romi : hahaha…lucu ah,, ga mungkin. Masa seorang Puspa suka sama aku. Becanda ah kamu mah..ga pecaya aku mah.
  • Fatimah        : yasutrah, aku mah Cuma mau ngobrolin itu aja. Mau pecaya atau gay a seterah kamu saja. Udah yah?? Aku mau pulang dulu, udah sore. Puspa udah pulang duluan tadi. Malu kata nya sama kamu. Assalamu’alaikum…
  • Romi : Wa’alaikum Salam.. hati-hati di jalan fat. 
Setelah perbincangan itu, Romi di rumahnya merenung..ko bisa Puspa begitu, ampe nangis-nangis di kelas dan di rumahnya gara-gara aku udah punya kekasih??? Dia lalu ingin mengetahui yang sebenarnya dari Puspa biar masalahnya jelas. Dia berniat besok waktu sebelum masuk kelas mau ngobrol langsung dengan Puspa, walaupun Romi ga begitu percaya sama omongan Fatimah. 
Keesokan harinya Romi berangkat ke Madrasah untuk belajar lagi, sekalian pulangnya mau menanyakan tentang obrolan Fatimah kemarin ke Puspa langsung.


  • ROmi : Puspa, tar pulang belajar aku mau ngomong sesuatu sama kamu.
  • Puspa : iyah boleh, aku juga mau ngomongin sesuatu sama kamu Rom..

Setelah kegiatan belajar berakhir mereka berdua ngobrol di deket taman dengan penuh penasaran Romi pun segera menanyakannya kepada puspa.


  • ROmi : Puspa…kemaren Fatimah ngobrolin tentang kamu, apa benar apa yang di katakana Fatimah tentang kamu itu??
  • Puspa : iyah Rom, sebenarnya waktu aku pertama kali pindah sekolah dan bertemu dengan kamu aku langsung suka sama kamu. Aku belum pernah merasakan rasa ini sebelumnya.
  • Romi : kenapa puspa suka nangis atuh?? Padahal kalau ada masalah kan bisa di omongin baik-baik.
  • Puspa : tadinya aku mau ngomong, tapi aku sebagai perempuan malu. Masa perempuan duluan yang bilang suka.?? Aku nanyain ke temen-temen tentang kamu. Ternyata kamu udah punya kekasih namanya Yani kan?? Aku langsung sedih, aku juga tau aku ga ada apa-apanya di bandingkan dengan Yani. Kata temen-temen Yani itu cantik, baik dan lugu.
  • Romi : iyah Pa, aku emang masih hubungan sama Yani.
  • Puspa : iyah, Puspa juga ngerti. Puspa juga tau Romi pasti sayang banget sama Yani. Tapi Puspa akan terus berjuang dan berusaha biar Romi bisa menerima rasa sayang Puspa. Karena puspa bener-bener sayang Romi, hiks..hiks..
  • Romi : aduuh.. jangan nangis atuh Pa, aku bingung. 
  • Puspa : yaudah, aku ngerti ko. Aku pulang dulu yah Rom..hiks..hiks..
  • Romi : pa..tunggu, jangan pulang dulu.

Setelah itu Puspa pulang sambil menangis, ROmi pun bingung. Ko bisa perempuan seperti Puspa suka sama dia sambil nangis-nangis. Romi pun pulang ke rumah, malam itu ada telepon dari Fatimah.


  • Fatimah         : Rom..beneran kan Puspa suka sama kamu??
  • Romi : iyah Fat..tapi romi bingung, di sisi lain romi masih hubungan sama Yani, tapi Romi ga tega ngelihat Puspa yang sedih seperti itu. Puspa juga selalu baik sama Romi, ngasih coklat, CD band kesukaan ROmi, dan Topi yang ber merek.
  • Fatimah         : iyah, Rom sekarang juga dia lagi murung di rumah nya, kalau menurut aku seh kamu terima saja dulu. Kasian dia udah bela-belain ga mudik demi kamu.
  • Romi : yaudah tar aku pikir-pikir dulu deh fat,,
ROmi pun berfikir bagaimana dengan Yani, padahal dia masih sayang sama Yani walaupun jarang banget ketemu sama Yani. Tapi disisi lain ROmi ga mau melihat Puspa terus-terusan sedih di Sekolah dan RUmahnya. Akhirnya Romi pun memberanikan diri memutuskan hubungan dengan Yani dikarenakan ga mau melihat kesedihan Puspa dikarenakan sama Yani juga jarang bertemu. Romi pun menerima Puspa sebagai kekasihnya. 

bersambung ke jilid III

karya : zaenal muttaqien (jangan di copy paste / di bajak yah?)


 
Copyright © . SEKILAT INFO - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger