Berikut 5 kesalahan tata bahasa yang sering ditemukan saat berkirim email :
1. As Attached
Kadang kita ingin melampirkan file seperti laporan dan lain-lain, namun hal ini tidak luput dari kesalahan grammar.Salah: Please find the documents as attached.
Benar: I have attached the documents in this email
2. With regards to…
Kata-kata “with regards to…” sebenarnya salah, juga kata-kata “with regards to your proposal…”, atau “with regards to your request..”. Kalimat yang benar adalah “with regard to”, atau bisa juga gunakan “concerning”, “about”, atau “regarding”.3. Please advice
Biasanya kita mengatakan “please advice” agar pihak yang kita kirimkan email memberikan saran/masukan tertentu. Tahukah kamu kalau “please advice” adalah kalimat yang salah karena “advice” adalah kata benda!Kalimat yang benar: “please advise”.
4. Dateline
Banyak juga yang salah menggunakan kata “dateline”, padahal kata yang dimaksud adalah ‘deadline’.Kalimat berikut ini salah:
• Please advice (!) on the dateline of this proposal.
• The dateline for this project is 30 February 2013.
5. Revert
Tahukah kamu kalau “revert” artinya bukan “reply”, tapi “kembali ke keadaan sebelumnya”?Jadi, daripada menggunakan kalimat “please revert as soon as possible” lebih baik gunakan: “I look forward to hearing from you soon.”
Menurut pengalamanmu, apalagi kalimat yang sering salah dipergunakan ketika berkirim/menerima email? Yuk kita sharing di sini.